GARUDAFOOD GELAR WORKSHOP KHUSUS PENINGKATAN KAPASITAS PELAKU UMKM

GARUDAFOOD GELAR WORKSHOP KHUSUS PENINGKATAN KAPASITAS PELAKU UMKM

GARUDAFOOD GELAR WORKSHOP KHUSUS PENINGKATAN KAPASITAS PELAKU UMKM

GARUDAFOOD GELAR WORKSHOP KHUSUS PENINGKATAN KAPASITAS PELAKU UMKM

GARUDAFOOD GELAR WORKSHOP KHUSUS PENINGKATAN KAPASITAS PELAKU UMKM
GARUDAFOOD GELAR WORKSHOP KHUSUS PENINGKATAN KAPASITAS PELAKU UMKM
GARUDAFOOD GELAR WORKSHOP KHUSUS PENINGKATAN KAPASITAS PELAKU UMKM
You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

GARUDAFOOD GELAR WORKSHOP KHUSUS PENINGKATAN KAPASITAS PELAKU UMKM

IQPlus, (22/11) - PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (Garudafood) melalui Kampung Wirausaha Garudafood menggelar lokakarya (workshop) peningkatan kapasitas pelaku UMKM di Bandung, Jawa Barat.

Head of Corporate Communication & External Relations Garudafood Dian Astriana mengatakan bahwa Kampung Wirausaha Garudafood merupakan salah satu bentuk komitmen Perusahaan terhadap pengembangan UMKM lokal. Program ini bertujuan untuk memfasilitasi UMKM lokal dalam meningkatkan daya saing melalui akses yang lebih luas terhadap sumber daya dan pengembangan kapasitas.

"Garudafood bersama mitra sejak 2017 menginisiasi program inkubasi .Kampung Wirausaha Garudafood. yang fokus untuk menemukenali potensi yang ada dalam masyarakat, memberikan akses terhadap sumber daya, menanamkan semangat kewirausahaan serta memperluas jaringan bisnis," ujar Dian Astriana dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Hingga 2023, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mencatat pelaku UMKM di Indonesia mencapai sekitar 66 juta jiwa. Kontribusi mereka terhadap ekonomi nasional juga signifikan, yakni sebesar 61 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB) atau setara dengan Rp9,580 triliun.

Lebih dari itu, UMKM menjadi tulang punggung penyerapan tenaga kerja di Indonesia dengan menyerap hingga 97 persen tenaga kerja.

Dian menilai peran UMKM dalam perekonomian domestik tidak dapat dipungkiri. Dalam mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan, diperlukan upaya sistematis untuk tidak hanya meningkatkan kuantitas, tetapi juga kualitas dan skala usaha pelaku UMKM lokal. Untuk itu, kolaborasi multi-stakeholder menjadi kunci untuk mencapai tujuan tersebut.

Garudafood beserta mitra strategisnya selama lima tahun terakhir bersinergi dan berkolaborasi untuk dapat memajukan UMKM lokal secara berkelanjutan. Upaya yang dilakukan mencakup pemberian modal awal, pendampingan intensif, serta pelatihan pengembangan soft skill, antara pemasaran, pengetahuan produk (product knowledge), penulisan laporan keuangan, strategi pemasaran, identifikasi faktor resiko, copywriting, hingga literasi digital. (end/ant)