KEMBANGKAN BISNIS, MATAHARI DEPARTMENT STORE INVESTASI SAHAM NOBU

KEMBANGKAN BISNIS, MATAHARI DEPARTMENT STORE INVESTASI SAHAM NOBU

KEMBANGKAN BISNIS, MATAHARI DEPARTMENT STORE INVESTASI SAHAM NOBU

KEMBANGKAN BISNIS, MATAHARI DEPARTMENT STORE INVESTASI SAHAM NOBU

KEMBANGKAN BISNIS, MATAHARI DEPARTMENT STORE INVESTASI SAHAM NOBU
KEMBANGKAN BISNIS, MATAHARI DEPARTMENT STORE INVESTASI SAHAM NOBU
KEMBANGKAN BISNIS, MATAHARI DEPARTMENT STORE INVESTASI SAHAM NOBU
You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

KEMBANGKAN BISNIS, MATAHARI DEPARTMENT STORE INVESTASI SAHAM NOBU

IQPlus, (5/11) - Matahari Department Store Tbk (LPPF) akan melakukan pembelian saham PT.Bank Nationalnobu Tbk (NOBU) yang dilakukan dalam tiga tahap dimulai pada tanggal 4 November 2020 hingga 28 desember 2020.

Menurut keterangan tertulis dari Direksi Perseroan pada keterbukaan Informasi rabu mengatakan bahwa LPPF akan melakukan pembelian saham NOBU dengan nilai maksimum sebesar 728.000.000 lembar saham dengan nilai Rp755 per lembar, halmana merupakan 16,4% dari nilai modal disetor NOBU. Total nilai transaksi atas keseluruhan pembelian bagian saham tersebut adalah Rp549.640.000.000.

Transaksi dilakukan dalam tiga tahap, tahap pertama dilakukan tanggal 4 November 2020 dengan pembelian sebanyak 265.000.000 lembar dengan harga Rp755, selanjutnya tahap kedua tanggal 11 November 2020 sebanyak 199.000.000 lembar dengan harga Rp755 dan terakhir tahap ketiga tanggal 28 desember 2020 sebanyak 198.300.000 dengan harga Rp755.

Tahap ketiga akan dilaksanakan pada atau tidak lebih dari periode di atas sesuai dengan kebijakan Perseroan sendiri. Berdasarkan Pasal 16 ayat (2) POJK 17, harga saham Transaksi dihitung berdasarkan rata-rata dari harga tertinggi perdagangan harian di Bursa Efek Indonesia selama 90 (sembilan puluh) hari terakhir, yaitu Rp 789 per saham.

Alasan dan latar belakang dilakukan transaksi tersebut adalah Indonesia siap untuk pertumbuhan penetrasi perbankan selama beberapa dekade mendatang. Sebagian besar konsumen Indonesia masih belum memiliki rekening bank. Perseroan memiliki penetrasi pasar menengah yang besar dan jangkauan yang luas. Sebelum periode pandemi, Perseroan memiliki lebih dari 7 juta anggota aktif yang berbelanja setidaknya sekali dalam setiap tahun. Dari total transaksi yang terjadi di toko-toko Perseroan di seluruh negeri,lebih dari 55% transaksi dilakukan dengan menggunakan uang tunai serta Didorong oleh digital, kebutuhan bank dan pengecer besar saling mendukung. Konvergensi kebutuhan mengarah pada tren yang lebih besar menuju aliansi dan kemitraan.

Berdasarkan uraian di atas Perseroan percaya bahwa investasi dan kemitraan dengan NOBU akan membawa peluang potensial untuk mengembangkan bisnisnya di seluruh nusantara dengan memperoleh beberapa eksklusivitas dan kepastian jangka panjang, serta membantu mendorong pertumbuhan yang signifikan dalam penjualannya di masa depan,sehingga memberikan kontribusi bagi pendapatan Perseroan.

Direksi menambahkan "Tujuan atau manfaat dari transaksi tersebut adalah perseroan akan memperolehan kemampuan perbankan dan keuangan untuk membangun layanan keuangan kepada pelanggan, kemampuan untuk menawarkan fitur layanan tambahan, termasuk pembentukan ekosistem digital untuk pelanggan dan juga dalam mendapatkan pendapatan tambahan, memperkuat jaringan rantai pasokan melalui fasilitas pembiayaan bagi pemasok dan pelanggan, sinergi dari layanan bersama tersebut di atas dan pengurangan beban Perseroan atas pengambilan uang tunai Perseroan dari gerai-gerainya dan diversifikasi aliran pendapatan Perseroan", imbuhnya. (end/ar)