PEFINDO TETAPKAN PERINGKAT PT GLOBAL MEDIAKOM DI "idA"

PEFINDO TETAPKAN PERINGKAT PT GLOBAL MEDIAKOM DI "idA"

PEFINDO TETAPKAN PERINGKAT PT GLOBAL MEDIAKOM DI "idA"

PEFINDO TETAPKAN PERINGKAT PT GLOBAL MEDIAKOM DI "idA"

PEFINDO TETAPKAN PERINGKAT PT GLOBAL MEDIAKOM DI "idA"
PEFINDO TETAPKAN PERINGKAT PT GLOBAL MEDIAKOM DI "idA"
PEFINDO TETAPKAN PERINGKAT PT GLOBAL MEDIAKOM DI "idA"
You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

PEFINDO TETAPKAN PERINGKAT PT GLOBAL MEDIAKOM DI "idA"

IQPlus, (14/6) - PEFINDO menetapkan kembali peringkat "idA" untuk PT Global Mediacom Tbk (Global Mediacom), Obligasi Berkelanjutan I Tahun 2017 dan Obligasi Berkelanjutan II Tahun 2020. Kami juga telah menetapkan kembali peringkat .idA(sy). untuk Sukuk Ijarah Berkelanjutan I Tahun 2017 dan Sukuk Ijarah Berkelanjutan II Tahun 2020. Outlook peringkat perusahaan adalah "Stabil".

Kami juga telah menetapkan kembali peringkat .idA. untuk Obligasi Berkelanjutan II Tahun 2020 Tahap I Seri A sebesar Rp331,43 miliar dan peringkat .idA(sy). untuk Sukuk Ijarah Berkelanjutan II Tahun 2020 Tahap I Seri A sebesar Rp297,97 miliar yang akan jatuh tempo pada tanggal 21 September 2021. Obligasi dan Sukuk yang akan jatuh tempo akan dilunasi menggunakan hasil dari penerbitan tahap kedua Obligasi Berkelanjutan II Tahun 2021 dan Sukuk Ijarah Berkelanjutan II Tahun 2021.

Obligor dengan peringkat idA memiliki kemampuan yang kuat dibandingkan obligor-obligor Indonesia lainnya untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya. Walaupun demikian, kemampuan obligor mungkin akan mudah terpengaruh oleh perubahan buruk suatu keadaan dan kondisi ekonomi dibandingkan obligor-obligor dengan peringkat lebih tinggi.

Akhiran (sy) memiliki makna peringkat mempersyaratkan pemenuhan prinsip Syariah. Peringkat tersebut mencerminkan kepemilikan mayoritas Global Mediacom pada perusahaan-perusahaan media terbesar dan terkemuka di Indonesia, beragamnya jasa layanan media, dan profitabilitas operasional yang baik. Peringkat dibatasi oleh akses tidak langsung terhadap arus kas operasional, kebijakan finansial yang moderat, dan persaingan yang ketat pada industri media.

Peringkat dapat dinaikkan bila Global Mediacom dapat mengurangi ketergantungannya terhadap pendapatan dividen dari entitasentitas anak dengan menghasilkan arus kas sendiri yang berulang secara berkelanjutan, serta memperbaiki profil kreditnya dengan mengurangi utang.

Peringkat akan diturunkan jika Global Mediacom dan/atau entitas-entitas anak memiliki utang lebih besar dari yang diproyeksikan karena adanya rencana belanja modal yang signifikan dan/atau adanya rencana akuisisi, yang menyebabkan rasio debt to EBITDA lebih dari 3x dan rasio fund from operation to debt kurang dari 25% secara berkelanjutan; dan jika arus kas dari entitas-entitas anak utama turun karena pelemahan profil kredit mereka secara berkelanjutan.

Global Mediacom adalah perusahaan induk dengan entitas-entitas anak utama bergerak dalam bisnis media berbasis konten, iklan, pelanggan, dan online. Pada tanggal 31 Desember 2020, pemegang saham terdiri dari PT MNC Investama Tbk (45,75%), manajemen (0,51%), serta masyarakat (53,74%, masing-masing di bawah 5%).(end)