PENJUALAN ONLINE HOKI MENINGKAT 10% DI SEMESTER PERTAMA 2021

PENJUALAN ONLINE HOKI MENINGKAT 10% DI SEMESTER PERTAMA 2021

PENJUALAN ONLINE HOKI MENINGKAT 10% DI SEMESTER PERTAMA 2021

PENJUALAN ONLINE HOKI MENINGKAT 10% DI SEMESTER PERTAMA 2021

PENJUALAN ONLINE HOKI MENINGKAT 10% DI SEMESTER PERTAMA 2021
PENJUALAN ONLINE HOKI MENINGKAT 10% DI SEMESTER PERTAMA 2021
PENJUALAN ONLINE HOKI MENINGKAT 10% DI SEMESTER PERTAMA 2021
You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

PENJUALAN ONLINE HOKI MENINGKAT 10% DI SEMESTER PERTAMA 2021

IQPlus, (1/9) - PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) terus mencari strategi pertumbuhan terbaik di tengah pandemi. Salah satu upayanya adalah menambah saluran distribusi baru serta menciptakan alternatif distribusi, termasuk mempersiapkan beberapa peluncuran produk baru sebagai kekuatan HOKI di bisnis beras yang akan diluncurkan pada tahun ini.

Budiman Susilo selaku Direktur HOKI, mengatakan, "Meskipun penjualan bersih HOKI per Semester I-2021 terkoreksi menjadi Rp429,75 miliar dengan laba bersih Rp7,50 miliar, penjualan online HOKI masih berhasil meningkat sekitar 10% YoY selama Semester I-2021 dibandingkan tahun sebelumnya. Hingga Semester I-2021, masih merupakan periode yang menantang bagi HOKI, mengingat situasi pandemi yang berkepanjangan di mana penjualan dari semua saluran sangat terpengaruh, terutama Pasar Tradisional, serta karena penutupan besar-besaran beberapa saluran Pasar Modern."

Mengikuti tren beberapa Kuartal terakhir, Pasar Modern masih menjadi kontributor terbesar HOKI pada Semester I-2021, dengan kontribusi volume penjualan 52,63%. Di sisi lain, Pasar Tradisional hanya berkontribusi 15,45% pada Semester I-2021, karena keterbatasan operasional sejak pandemi. Maka untuk mendongkrak penjualannya, HOKI telah mendorong saluran online di Semester I-2021, mengingat masyarakat mulai terbiasa dengan belanja online bahkan untuk membeli kebutuhan pokok konsumen seperti beras. Sebagai strategi, HOKI juga mulai beralih ke beberapa jalur distribusi baru untuk mendistribusikan beras dan produk baru guna mendongkrak penjualan seiring dengan peningkatan kapasitas produksi.

Saat ini HOKI tetap berkomitmen untuk melanjutkan rencana ekspansinya, seperti menyelesaikan pembangunan pabrik baru di Sumatera Selatan yang akan selesai tahun ini. HOKI juga sedang dalam proses untuk memperluas saluran distribusi untuk meningkatkan penjualan offline dan online di masa depan. Lini produk baru melalui PT Hoki Distribusi Niaga juga sedang dalam proses dan diharapkan dapat segera diluncurkan, sehingga dapat menambah portofolio produk HOKI dan meraih margin yang lebih baik.

HOKI juga terus mendukung bisnis yang berkelanjutan dengan terus meningkatkan pembangkit listrik berbahan bakar sekam padi. Pembangkit listrik berbahan bakar sekam padi ini merupakan pembangkit komersial (pelopor) pertama di sektor industri. Hal ini juga akan mendukung upaya HOKI untuk mempertahankan bisnis yang berkelanjutan menuju net-zero emission. Pada Semester I-2021, sewa pembangkit listrik HOKI menyumbang Rp7,2 miliarterhadap penjualan HOKI.

"Meski hingga Semester I-2021 HOKI masih terdampak akibat pandemi yang berkepanjangan, HOKI akan gencar berupaya meraih kinerja yang baik. HOKI percaya dengan menerapkan strategi baru, yaitu memasuki saluran distribusi baru dan meluncurkan produk konsumen baru akan meningkatkan penjualan setahun penuh. Terlebih adanya vaksinasi berkelanjutan diharapkan dapat meningkatkan pasar beras di Pasar Tradisional. Pemerintah telah mempercepat semua langkah untuk memenuhi target vaksinasi pada akhir tahun ini. Mudah-mudahan, meski kasusnya telah menurun terutama di Jakarta dan beberapa bagian Jawa sejalan dengan program percepatan vaksinasi, ini akan segera membantu pasar, terutama pasar beras untuk pulih dalam waktu dekat," tutup Budiman. (end)