SELAMA LIBURAN, TRAFIK PEMAKAIAN LAYANAN XL AXIATA CAPAI 70%

SELAMA LIBURAN, TRAFIK PEMAKAIAN LAYANAN XL AXIATA CAPAI 70%

SELAMA LIBURAN, TRAFIK PEMAKAIAN LAYANAN XL AXIATA CAPAI 70%

SELAMA LIBURAN, TRAFIK PEMAKAIAN LAYANAN XL AXIATA CAPAI 70%

SELAMA LIBURAN, TRAFIK PEMAKAIAN LAYANAN XL AXIATA CAPAI 70%
SELAMA LIBURAN, TRAFIK PEMAKAIAN LAYANAN XL AXIATA CAPAI 70%
SELAMA LIBURAN, TRAFIK PEMAKAIAN LAYANAN XL AXIATA CAPAI 70%
You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

SELAMA LIBURAN, TRAFIK PEMAKAIAN LAYANAN XL AXIATA CAPAI 70%

IQPlus, (5/01) - Aktivitas digital masyarakat selama libur panjang natal dan Tahun baru meningkat, diantaranya bisa terlihat selama periode 24 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021 secara nasional, rata-rata trafik pemakaian layanan data XL Axiata oleh pelanggan meningkat hingga 15 persen dengan kenaikan tertinggi mencapai 70 persen.

Pandemi tidak serta-merta menghentikan masyarakat untuk merayakan Hari Natal dan Tahun Baru. Meski tidak leluasa beraktvitas di luar ruang, namun mereka tetap bisa mengisi masa liburan dan merayakan kedua hari besar tersebut dengan beragam aktivitas digital.

"Hal ini bisa dilihat dari trafik data di area pemukiman yang naik sekitar 7 persen dibandingkan hari normal, dengan hampir semua jenis layanan data trafiknya ikut naik," kata Direktur Teknologi XL Axiata, I Gede Darmayusa dalalm siaran persnya, di Serang, Selasa.

Ia mengatakan, beberapa kawasan pemukiman atau perumahan yang mengalami kenaikan tersebut, terutama adalah perumahan di Kota Jakarta, Medan, Semarang, Pekanbaru, Palembang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Palembang, Cibubur, Cirebon dan daerah lainnya.

Gede mengatakan, kenaikan trafik data tertinggi pada Hari Natal, antara 24 sampai 25 Desember 2020, secara rata-rata meningkat sebesar lebih dari 3 persen dibanding hari biasa, dengan kenaikan tertinggi mencapai sekitar 17. Jika dibandingkan dengan Natal tahun sebelumnya, kenaikan trafik yang terjadi mencapai lebih dari 40 persen.

Sementara itu, untuk trafik Tahun Baru, antara 31 Desember hingga 1 Januari 2021, kenaikan rata-rata trafik data mencapai 10 persen dibandingkan hari normal. Kenaikan tertinggi mencapai sekitar 70 peren. Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, terjadi kenaikan trafik data hingga 40 persen.

Dari jenis layanan, kata dia, trafik layanan streaming secara umum mengalami peningkatan sebesar 6 persen, termasuk didalamnya streaming video Youtube, Facebook, Instagram, Tiktok meningkat sebesar 6 persen, film dan saluran TV juga meningkat 4 persen, musik (Spotify, Joox, Google Music, Youtube Music) meningkat 2 persen.

Selanjutnya, kata Gede, layanan instant messenger secara umum naik 19 persen. Termasuk dalam jenis layanan ini adalah Whatsapp, Messenger, LINE, Telegram, dan Hangouts. Sementara itu pada layanan media sosial (Facebook, Instagram, Twitter, Snapchat, LinkedIn) meningkat sebesar 11 persen. Video Call (via Whatsapp dan Hangouts) mengalami penurunan sekitar 14 persen dan dan VoIP (via Whatsapp dan Messenger) naik 11 persen.

"Trafik akses ke layanan belanja online seperti Lazada, Shopee, Tokopedia mengalami penurunan sekitar 22 persen, sementara trafik ke layanan travelling (Traveloka, Agoda, Tiket.com) meningkat sekitar 13 persen. Dan seperti biasanya selama masa libur panjang, trafik ke layanan peta jalan (Google Map dan Apple Map) juga meningkat sebesar 2 persen, sementara trafik untuk akses ke layanan pembayaran digital (Dana, Ovo) mengalami penurunan 6 persen," kata I Gede.(end/ant)