TRAFIK DATA XL AXIATA NAIK 25 PERSEN SAAT LEBARAN

TRAFIK DATA XL AXIATA NAIK 25 PERSEN SAAT LEBARAN

TRAFIK DATA XL AXIATA NAIK 25 PERSEN SAAT LEBARAN

TRAFIK DATA XL AXIATA NAIK 25 PERSEN SAAT LEBARAN

TRAFIK DATA XL AXIATA NAIK 25 PERSEN SAAT LEBARAN
TRAFIK DATA XL AXIATA NAIK 25 PERSEN SAAT LEBARAN
TRAFIK DATA XL AXIATA NAIK 25 PERSEN SAAT LEBARAN
You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

TRAFIK DATA XL AXIATA NAIK 25 PERSEN SAAT LEBARAN

IQPlus, (29/05) - PT XL Axiata Tbk mencatat kenaikan trafik penggunaan layanan di masa seputar perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H periode 18-26 Mei 2020sebesar 25 persen dibandingkan hari-hari normal sebelum masa pandemi COVID-19.

Sementara itu, layanan pesan singkat atau SMS dan percakapan mengalami penurunan masing-masing sebesar 20 persen dan 10 persen dibandingkan hari normal sebelum masa pandemi Covid-19.

"Pola konsumsi layanan telekomunikasi dan data selama Lebaran tahun ini tidak terlepas dari situasi dan kondisi terkait keberadaan pandemi Covid -19 yang memaksa masyarakat Indonesia untuk lebih banyak berada di rumah saja. Apalagi, mudik juga dilarang, sehingga juga berpengaruh pada kebiasaan masyarakat dalam mengisi masa liburnya," kata Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Gede menambahkan, pola penggunaan layanan telekomunikasi dan data yang terjadi selama Lebaran di tengah wabah Covid-19, sekaligus menunjukkan cara masyarakat menyesuaikan diri dengan kondisi yang new normal. Dalam hal ini, terbukti bahwa teknologi digital menjadi salah satu sarana paling penting dalam memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan solusi atas berbagai persoalan yang terjadi akibat dari adanya COVID-19.

"Karena itu, tidak mengherankan jika trafik layanan penggunaan data meningkat signifikan untuk berbagai jenis layanan, termasuk yang bersifat hiburan," katanya.

Tercatat dalam pusat monitoring XL Axiata, ada empat jenis layanan data yang mengalami kenaikan trafik paling tinggi selama periode lebaran dibandingkan periode hari normal sebelum pandemi COVID-19.

Empat layanan tersebut diantaranya layanan layanan Instant Messaging (IM) 32 persen, layanan Video Call dan sejenisnya meningkat sebesar 26 persen, Social Network Service 22 persen dan layanan Streaming (game, video, music, movie) 14 persen.(end)