VIVA OPTIMIS BELANJA IKLAN BAKAL KEMBALI MENINGKAT DI 2021

VIVA OPTIMIS BELANJA IKLAN BAKAL KEMBALI MENINGKAT DI 2021

VIVA OPTIMIS BELANJA IKLAN BAKAL KEMBALI MENINGKAT DI 2021

VIVA OPTIMIS BELANJA IKLAN BAKAL KEMBALI MENINGKAT DI 2021

VIVA OPTIMIS BELANJA IKLAN BAKAL KEMBALI MENINGKAT DI 2021
VIVA OPTIMIS BELANJA IKLAN BAKAL KEMBALI MENINGKAT DI 2021
VIVA OPTIMIS BELANJA IKLAN BAKAL KEMBALI MENINGKAT DI 2021
You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

VIVA OPTIMIS BELANJA IKLAN BAKAL KEMBALI MENINGKAT DI 2021

IQPlus, (31/12) - Manajemen PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) optimistis bahwa recovery pertumbuhan ekonomi pasca penemuan vaksin Covid-19 akan berlanjut hingga tahun mendatang, sehingga belanja iklan bisa kembali bertumbuhuh.

Laporan terakhir dari Media Partners Asia (MPA) juga memprediksi bahwa pertumbuhan belanja iklan di 2021 pada TV FTA platform akan meningkat 7,5 persen (y-o-y) menjadi USD1,2 miliar diikuti dengan pertumbuhan belanja iklan di sektor digital sebesar 31,1 persen (y-o-y) menjadi USD700 juta.

Secara umum, performa TV Share VIVA Group mengalami penurunan yang diakibatkan oleh kondisi new normal di masa pandemi Covid-19. Kendati tidak ada penayangan One Pride maupun One Prix, namun VIVA mengaku bahwa tvOne tetap menjadi TV berita #1.

Seperti diketahui, VIVA memiliki dua stasiun televisi free-to-air (TV FTA), yakni tvOne (PT Lativi Mediakarya) dan ANTV (PT Cakrawala Andalas Televisi) yang sebesar 99 persen sahamnya dimiliki oleh PT Intermedia Capital Tbk (MDIA). Selain itu, VIVA memiliki portal berita online, viva.co.id yang dikelola PT Viva Media Baru.

VIVA meyakini, hingga sekarang TV FTA di Indonesia tetap menjadi platform utama untuk beriklan. Hal ini tercermin dari nilai belanja iklan bersih secara nasional per akhir 2019 tercatat mencapai USD1,32 miliar dan diproyeksikan pada 2024 masih akan mampu bertahan sebesar USD1,29 miliar di tengah peningkatan belanja iklan melalui media internet.

"Sejauh ini, stasiun TV FTA VIVA terbukti sukses dalam membidik pangsa pemirsa yang berbeda, tercermin dari segmen pasar tvOne yang didominasi pemirsa pria dengan rentang usia 35-55 tahun ke atas. Sedangkan, ANTV lebih dominan disaksikan oleh kalangan wanita yang memiliki rentang usia 45-55 tahun ke atas,"demikian Manajemen VIVA menyampaikan dalam materi Paparan Publik Tahunan seperti dikutip di Jakarta, Rabu (30/12).

Sementara itu pada agenda Public Expose Tahunan MDIA, Direktur Utama MDIA, Arief Yahya mengakui bahwa dampak pandemi Covid-19 telah menekan bisnis perseroan, tercermin dari penurunan performaTV share ANTV."Di awal pandemi Covid-19, sekitar Maret 2020, tv share kami sempat menurun sampai di bawah 8 persen," kata Arief.

Namun, jelas dia, penurunan tersebut tidak berlangsung lama dan kondisi ANTV mampu kembali pulih. "Tv share kami naik lagi di atas 9,5 persen," ujar Arief seraya menyebutkan bahwa ada hal menarik terkait market share atau revenue share ANTV yang justru berada di atas 10 persen. "Ini yang membuat power ratio kami sangat bagus, sekitar 120 persen," ungkapnya. (end/as)